Sang Pencipta Lagu Indonesia Raya Itu Bernama WR. Soepratman


Indonesia Tanah Airku
Tanah Tumpah Darahku
Disanalah Aku Berdiri
Jadi Pandu Ibuku

Indonesia Kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah Kita Berseru
Indonesia Bersatu

Siapa yang tak mengenal lagu kebangsaan Indonesia? Semua rakyat Indonesia pasti mengenal lagu Indonesia Raya. Tentu saja karena lagu Indonesia Raya merupakan Lagu Kebangsaan Negara Republik Indonesia. Indonesia Raya selalu bergema dan selalu dinyanyikan oleh semua rakyat Indonesia dalam acara dan kegiatan berkebangsaan. Pun saat Sang Saka Merah Putih dikibarkan dalam acara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, lagu Indonesia Raya selalu dinyanyikan dan berkumandang. Seluruh rakyat Indonesia pun ikut bernyanyi menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Tahukah kalian siapakah pencipta lagu Indonesia Raya yang begitu luar biasa ini? Ya, pahlawan nasional itu bernama Wage Rudolf Soepratman atau biasa kita kenal dengan WR Soepratman. Lahir di Jakarta pada hari senin wage tanggal 9 Maret 1903 dan meninggal pada tanggal 17 Agustus 1938, dalam usia yang masih cukup muda. WR Soepratman sangat mahir bermain biola, dan keahlian bermusiknya didapat dari kakak iparnya. Dan dengan keahliannya dalam bermusik, WR Soepratman mulai menggubah lagu. Dan kemudian lahirlah Lagu Indonesia Raya. Menurut sejarah, Lagu Indonesia Raya diperdengarkan pertama kali pada acara Kongres Pemuda yang melahirkan adanya Sumpah Pemuda. Lagu Indonesia Raya diperdengarkan secara instrumental dengan alat musik biola. Begitu indah lagu tersebut sehingga begitu banyak orang terpukau saat mendengar instrumen yang WR Soepratman mainkan. Dan sesudah Indonesia merdeka, Lagu Indonesia Raya ini menjadi lagu kebangsaan Republik Indonesia. Dan sayangnya WR. Soepratman meninggal sebelum Indonesia merdeka. Walaupun WR Soepratman sudah meninggal, Lagu Indonesia Raya tetap berjaya di Indonesia dan menjadi Lagu Kebangsaan Republik Indonesia.

Surabaya menjadi saksi wafatnya WR Soepratman, karena di kota Surabaya inilah WR Soepratman meninggal. Dan rumah tempat wafat WR Soepratman saat ini dijadikan musium WR Soepratman yang hari ini diresmikan bertepatan dengan Hari Pahlawan. Acara peresmian musium ini dilakukan hari ini tanggal 10 November 2018 mulai pukul 09.00 sampai selesai. Dan hanya para undangan yang bisa mengikuti acara peresmian pembukaan musium WR Soepratman ini. Sebenarnya musium ini sudah dibuka untuk umum tetapi acara peresmiannya baru dilakukan hari ini. Pagi tadi saya sempat mengunjungi Rumah Wafat WR Soepratman tapi sayangnya saya tidak bisa menghadiri acara peresmiannya karena saya tidak memiliki undangan. Lokasi rumah wafat WR Soepratman ini di Jalan Mangga No. 21, Tambaksari Surabaya. Dan jam buka kunjungannya mulai pukul 09.00 – 17.00, pada hari Selasa – Minggu karena hari Senin tutup.

Karena WR Soepratman meninggal di Surabaya, WR Soepratman pun dimakamkan di Surabaya yang berlokasi di Jalan Kenjeran Surabaya. Dari rumah wafat WR Soepratman ke makam WR Soepratman tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 menit dari Rumah Wafat WR Soepratman. Dan dikarenakan hari ini bertepatan dengan Hari Pahlawan , makam WR Soepratman digunakan sebagai lokasi upacara untuk mengenang jasa Beliau dan para pahlawan Nasional lain yang berjuang memerdekakan Indonesia dengan segala daya dan upaya sampai titik darah penghabisan. Di dalam lokasi makam tidak hanya makam WR Soepratman saja yang ada disitu, tetapi ada juga patung WR Soepratman sambil memainkan biola dan ada juga naskah lagu Indonesia Raya yang di tulis oleh WR Soepratman. Selain itu ada sejarah mengenai Wage Rudolf Soepratman di lokasi makam. Dan ada pula pesan terakhir yang diberikan oleh WR Soepratman yaitu

Nasibkoe soedah begini inilah jang disoekai oleh pemerintah Hindia Belanda. Biarlah saja meninggal saja ichlas. Saja loch soedah beramal berdjoang dengan carakoe dengan biolakoe. Saja jakin Indonesia pasti Merdeka.

Dari kisah perjalanan WR Soepratman menciptakan lagu Indonesia Raya yang luar biasa, begitu banyak hal yang bisa kita ambil sebagai contoh dan tauladan.  Sungguh mulia hati WR Soepratman, hanya dengan biolanya Beliau bisa menulis lirik lagu Indonesia Raya yang saat ini menjadi Lagu Kebangsaan Republik Indonesia. Hal ini menjadi tauladan untuk kita semua, agar kita bisa meneladani WR Soepratman yang selalu berusaha walaupun hanya dengan biolanya tapi dengan keahlian dan biolanya tersebut Indonesia mempunyai lagu kebangsaan yang luar biasa dan tentu saja Lagu Indonesia Raya saat ini menjadi lagu kebanggan untuk seluruh rakyat Indonesia.

Oh iya, di Kapas Krampung Plaza atau yang lebih terkenal dengan nama Kaza diadakan Festival WR Soepratman mulai tanggal 8 – 11 November 2018. Begitu banyak hal unik dan antik di pameran ini, jadi sambil kalian berbelanja di Kaza kalian bisa mampir ke Pameran WR Soepratman dan iya banyak spot foto yang bagus lho jadi buruan kesana ya.

This slideshow requires JavaScript.

10 November 2018, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Saya ucapkan Selamat Hari Pahlawan dan Terima Kasih para Pahlawanku.

Engkau sungguh luar biasa, berusaha sekuat tenaga sampai titik darah penghabisan hanya untuk berjuang agar Indonesia bisa merdeka. Semua Allah Subhanahu Wata’ala memberikan surga yang indah untuk seluruh Para Pahlawan Nasional Indonesia.

Nah untuk kita dan generasi selanjutnya nih, yuk berusaha apapun usahamu karena itu akan lebih berarti daripada hanya duduk diam dan berpangku tangan tanpa melakukan apapun.

Tulisan ini selain ingin mengulas mengenai Lagu Indonesia Raya dan Penciptanya WR Soepratman yang Rumah Wafat dan Makamnya menjadi salah satu Cagar Budaya Surabaya, tulisan ini juga dilombakan dalam lomba Surabaya Blog Competition : Jelajah Cagar Budaya Surabaya. Semoga saya bisa menulis lagi tentang Cagar Budaya Surabaya yang lain ya, agar kita tidak lupa dan berbagi informasi, pengetahuan bahkan sejarah tentang Cagar Budaya tersebut. Semoga saya bisa menjadi salah satu pemenangnya, dan terima kasih sampai jumpa lagi.

Advertisements

4 thoughts on “Sang Pencipta Lagu Indonesia Raya Itu Bernama WR. Soepratman

  1. Kisahnya menarik, Mbak. Saya jadi tau banyak tentang sejarah WR. Soepratman. Ternyata WR. Soepratman waktu meninggal belum nikah. Saya catat ah alamat museumnya, pengin berkunjung ke sana

    • Yaayy alhamdulillah kalo gitu makasih ya mba sudah membaca, iya buruan kesana mba jalan menuju museumnya juga sudah bagus berasa tempo dulu gitu lho. Eits jgn lupa ikuti terus cerita-cerita yang lain diblog ku ya thank you 😄

    • Iya memang ada 2, yg satu rumah meninggalnya WR Soepratman yg skrg jd musium dan yang satu makam WR Soepratman yg ada di jalan kenjeran…
      Sudah mengunjungi salah satu atau keduanya? 😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.