SIM Corner Tunjungan Plaza Surabaya


Bulan Maret tanggal 2 kemarin SIM saya sudah habis masa berlakunya. Nah biar nggak ribet, saya memilih untuk perpanjangan melalui SIM Corner yang berada di Tunjungan Plaza Surabaya. Untuk syarat perpanjangan yang wajib dibawa adalah Foto Copy KTP 1 lembar, Foto Copy SIM 1 lembar, dan surat keterangan sehat dari dokter sebanyak 1 lembar. Jangan lupa membawa KTP dan SIM asli juga ya, KTP asli akan digunakan sebagai pendataan dan SIM asli yang sudah akan habis masa berlakunya akan distaples dengan formulir perpanjangan SIM beserta persyaratan lainnya yang sudah saya sebutkan diatas.

Sebelumnya saya sudah pernah melakukan perpanjangan SIM di SIM Corner Tunjungan Plaza dan seingat saya dulu sudah dilengkapi dengan surat keterangan sehat tapi kemarin saya kesana, eh surat keterangan sehatnya harus disediakan sendiri oleh pemohon perpanjangan SIM. Jadi balik lagi lah saya untuk mengurus surat keterangan sehat. Tapi kalau kalian memang sudah sangat mepet untuk perpanjangan SIM, di Tunjungan Plaza dekat dengan SIM Corner ada praktek dokter umum jadi bisa periksa disana dan mendapatkan surat keterangan sehatnya disana. Untuk biaya dokternya saya kurang tahu soalnya saya tidak mendapatkan surat keterangan sehat disana. Saya mendapatkan surat keterangan sehat saya di klinik BPJS yang sudah saya pilih.

Banyak juga yang balik karena persyaratannya kurang dan petugas loketnya biasanya menginformasikan pada pemohon perpanjangan SIM letak praktek dokter umumnya kalau memang syaratnya hanya kurang surat keterangan sehat dari dokter. Oh iya, di SIM Corner tidak menyediakan jasa fotocopy juga ya, jadi siapkan foto copy KTP dan SIM kalian agar tidak bolak-balik lagi.

Jam buka SIM Corner Tunjungan Plaza bisa kalian liat disini

Source Image By Raizarara

Untuk tata cara perpanjangan SIM di SIM Corner Tunjungan Plaza Surabaya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan dan lengkapi persyaratan untuk perpanjangan SIM, KTP beserta foto copynya, SIM asli beserta fotocopynya dan surat keterangan sehat dari dokter. Dan jangan lupa membawa pulpen ya untuk mengisi formulir yang diberikan.
  • Serahkan persyaratan yang dibutuhkan ke loket awal
  • Kemudian setelah petugas loket memberikan formulir untuk diisi, kalian akan diarahkan ke bagian asuransi kecelakaan. Disini akan dikenakan biaya Rp. 30.000 untuk asuransinya dan kalian akan mendapatkan kartu berwarna biru yang berlaku selama 5 tahun sesuai masa berlaku SIM.
  • Setelah dari bagian asuransi, kalian akan menemui petugas loket pembayaran perpanjangan SIM. Untuk SIM A sebesar Rp. 80.000, SIM C sebesar Rp. 75.000 dan SIM A & SIM C sebesar Rp. 155.000.
  • Setelah melakukan pembayaran perpanjangan di loket pembayaran, kalian bisa mengisi formulir yang diberikan diawal dengan contoh yang sudah disediakan.
  • Setelah formulir terisi lengkap dan sudah kalian tanda tangani, kumpulkan formulir tersebut di loket sebelah pendaftaran tumpuk saja disitu nanti petugas yang akan memanggil satu persatu.
  • Silahkan penunggu proses foto SIM, nama kalian akan dipanggil sesuai urutan menumpuk formulir jadi sabar ya karena cukup banyak yang melakukan perpanjangan SIM di SIM Corner.
  • Tapi tenang proses fotonya cepat kok sekitar 10 menit, sebelum foto petugas akan menginformasikan apakah SIM yang akan dicetak benar atau ada yang keliru, nah tugas kalian untuk memeriksanya. Setelah benar data SIMnya mulai deh difoto. Sebaiknya jangan menggunakan baju atau jilbab warna biru karena foto kalian akan sama dengan background SIM yang berwarna biru.
  • Setelah proses foto selesai kalian bisa memeriksanya dilayar monitor yang sudah disiapkan, kalau fotonya jelek bisa foto lagi kok tapi tergantung petugasnya dan tergantung kalian mau foto lagi atau cukup foto itu.
  • Setelah proses foto kalian akan menunggu lagi, menunggu SIM yang sudah jadi. Nggak lama kok cuman 10 menit lah nunggu SIM baru jadi.
  • Nama kalian akan dipanggil satu persatu saat SIM baru sudah jadi.

Source Image By Raizarara

Nah demikian tatacara pengurusan perpanjangan SIM di SIM Corner Tunjungan Plaza Surabaya. Ayo diperiksa SIMnya sekarang, sudah mau habis masa berlakunya atau masih lama. Jangan sampai terlewat ya untuk perpanjangan SIMnya karena peraturan baru SIM yang sudah habis masa berlakunya tapi belum diperpanjang harus melakukan pengurusan SIM baru. Nah daripada makin ribet ayo direminder saja biar nggak lupa. Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat untuk kita semua ya, semoga dengan adanya informasi ini pertanyaan kalian bisa terjawab. Good Luck and Thank You. See ya in the next article.

Advertisements

30 thoughts on “SIM Corner Tunjungan Plaza Surabaya

  1. Terima kasih banyak ya kak utk sharingnya,kebetulan sy mau perpjg SIM dan seingat sy harus dgn surat dokter skrg. Tyt harus sedia sendiri ya 😅

  2. Terima kasih, artikel anda sangat membantu.
    Untung sempet baca dulu ga langsung pulang.

    Memperjelas info,
    Per 19 April 2017
    Praktek dokter umum di TP 2, lantai paling bawah, deket pintu keluar.
    Untuk surat keterangan sehat sim A dan C biayanya 80rb.

    Alternative lain menurut rekan lain yg mengantri, bisa keluar TP di Kaliasin Pompa, ada Puskesmas, bayar cuman 5rb.

    Silahkan pilihan di tangan anda

  3. mbak rara,untuk surat keterangan sehat,apa kita harus tahu golongan darah kita. Soalnya saya belum tes golongan darah. Belum tahu golongan darahnya. Apakah perlu tes golongan darah.

    • Hai Mas,
      Kalau saya kemarin tidak ada keterangan golongan darahnya di surat keterangan sehat. Dan setau saya kemarin untuk kelengkapan sim yang diperiksa untuk surat keterangan sehatnya adalah tinggi badan, berat badan, kondisi mata apakah berkacamata atau tidak.

      Kalau sekalian periksa golongan darah bisa diperiksakan terpisah atau jadi satu tergantung dari dokter yang mas kunjungi. Nanti disampaikan saja keperluannya meminta surat keterangan sehat untuk mengurus SIM dan apakah bisa sekalian untuk tes golongan darah.

      Begitu mas Firman menurut saya, semoga membantu ya. Good Luck ya

      Terima kasih sudah berkunjung, datang lagi yaa.

  4. Update info terkait sim corner TP 1, untuk yg akan perpanjang sim a & c harap membawa surat keterangan sehat 2 lembar, yg minimal memuat keterangan tidak buta warna, tensi, tidak pakai kacamata.
    Untuk dokter yg praktek di TP juga dikenakan biaya 40rb per surat keterangan walau cek nya 1x aja =)
    asuransi 30rb per sim
    Hanya untuk yg KTP Surabaya, untuk luar surabaya disarankan ke SIM Keliling Taman Bungkul yg saya cek hari ini tutup jam 14.30

  5. Mbak Rara,sekedar informasi saja, tgl 19 mei kemarin saya ngurus perpanjangan SIM di SIM Corner TP. Untuk Surat Keterangan Sehat hanya perlu 1 lembar,bukan 2 lembar seperti kata teman sebelumnya. Thanks’s mbak Rara.

    • Hai mas Firman,

      Oh begitu ya mas, Mas Firman ngurus SIM A dan C sekaligus atau hanya SIM A atau SIM C saja?

      Kalau hanya mengurus salah satu SIM saja cukup membawa 1 kalau mengurus SIM A dan C baru bawa 2 mas surat keterangan sehatnya, setau saya sih begitu karena ada yg ditolak kl ngurus 2 SIM tp cmn bawa 1 surat keterangan sehat

      Informasi terakhir bagaimana ya mas Firman? Hehe

  6. Mbak rara, mohon maaf karena terlambat merespon..he..he..
    Waktu mengurus di SIM Corner,saya mengurus SIM C saja. Dan kebetulan waktu itu saya dapat nomer antrian pertama. Tapi mbak rara mungkin benar,kalau mengurus 1 SIM saja pakai 1 lembar surat keterangan sehat,kalau mengurus 2 SIM (SIM A/C) pakai 2 lembar surat keterangan sehat. Karena waktu itu saya urutan pertama,saya kurang tahu teman teman yang waktu itu mengurus SIM A/C. Tapi saya tetap membawa 2 lembar surat keterangan sehat untuk jaga jaga. Begitu mbak rara ceritanya….thank’s ya mbak.

    • Hai mas Firman,

      Thanks feedbacknya ya
      Oh waktu itu SIM C saja ya? Saya jg kmren C saja jd ngga tau baru tau waktu kesana lagi brg ayah kalo mau A dan C harus 2 surat keterangan sehat.

      Thank you ya and happy fasting 😄

    • Hai,

      Kalau sudah terlambat setau saya nggak bisa mbak kan harus bikin baru walaupun terlambat sehari. Nanti kl ke sim corner biasanya langsung diinfokan ke kolombo langsung untuk buat sim baru.

      Smoga bermanfaat info dari saya ya mba. Thank you 😄

    • Hai

      Untuk jam praktek dokter kemungkinan bukanya sekitar jam 10 pagi dan untuk tutupnya sekitar jam 7 ato jam 8 mas Rio.

      Untuk kepastian tutupnya saya kurang tau cuman kemungkinan sekitar jam 7 ato jam 8. Untuk lebih amannya dibawah jam itu saja kalau memang mau meminta surat dokter dari dokter yang ada di TP mas 😉

      Smoga bisa membantu ya mas Rio

  7. siang mbak rara

    mau tanya, apakah perpanjangan sim dari luar surabaya(bojonegoro), bisa diurus diwilayah surabaya? mengurusnya di colombo atau di sim keliling??

    • Hai mas,
      Mohon maaf mas, kalo itu saya kurang paham. Kalo untuk amannya mungkin mas bisa langsung ke kolombo saja mas daripada muter2 ke sim keliling ato ke sim corner. Karena di kolombo kan pusatnya jadi informasi bisa atau tidaknya perpanjangan dr luar sby lebih akurat. Kalo saran saya ke kolombo saja langsung ya mas Alfian.
      Semoga membantu ya informasi dari saya dan semoga bisa diperpanjang dikolombo aamiin good luck mas 😉

    • mungkin bisa dicoba di taman bungkul, mas. kata teman saya disitu untuk mengurus sim yang domisili dari luar surabaya, kalau yang domisili surabaya di dekat masjid Al-falah

    • Hai Mas Naufal,

      Kalau saya ngga pake bolak balik hanya bagian depannya saja. Kelengkapan lainnya jgn lupa dibawa ya oh iya bawa pulpen juga jangan lupa.

      Semoga info dari saya bisa membantu ya, terima kasih 😉

  8. Siang Mbak Raiza
    Mohon info untuk jam layanan di SIM Corner Tunjungan Plaza apa tetap sampai jam 10 malam ya Mbak ?
    Tks

  9. Siang kak,

    itu kalau mau perpanjang sim A dan C, surat kesehatannya juga 2 ya? Harus asli atau bisa fotokopian? Jadi cuma minta 1 terus di fotokopi.

    Terima kasih.

    • Hai mas Dirga,

      Maaf ya comment kamu baru kubaca masuk ke spam nih comment kamu 😂, untuk surat dokter memang harus 2 untuk masing2 sim dan harus asli. Jadi kalau saran saya buat aja skalian 2 yang satu untuk SIM A dan yang satu untuk SIM C…

      Semoga bisa membantu ya, terima kasih 😉😄

  10. Siang Mbak Raiza

    Unt Biaya asuransi nya RP 30.000/sim . untuk yang memiliki 2 sim, jika mengalami musibah apakah bisa dapat 2 kali manfaat

    Terima kasih

    • Hai mas Aldi,

      Kalau dapat 2 asuransi kemungkinan jg dua kali mas saya kurang paham kalo ttg asuransinya mas hehe
      Diblakang kartu biasanya ada keterangannya mas saya agak lupa isinya maaf ya
      Smoga bs bermanfaat ya mas Aldi
      Terima kasih sudah berkunjung 😄😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s