Teman Itu Tak Menusuk Temannya Sendiri


Yah namanya teman, terkadang kita punya teman yang baik sekali dan terkadang kita juga punya teman yang enggak banget. Namanya juga teman, pasti modelnya macam-macam kan. Ada teman yang memang baik, ada teman yang nakal tapi yang paling bahaya adalah teman yang menusuk temannya sendiri. Yakin masih bisa dianggap dan dilabeli teman kalau sudah menusuk temannya sendiri? Aku rasa sih enggak ya. Karena yang namanya teman yang baik adalah teman yang menjaga temannya dan tak akan menyakiti hati temannya. Karena teman ada untuk saling mengingatkan saat kita keliru bukan yang malah menjerumuskan kita dengan melaporkan kesalahan kita tanpa bertanya dulu kebenarannya seperti apa.

Punya teman yang model begini? hahaha pasti pada punya kan. Kadang teman yang model menusuk dari belakang gini memang harus diwaspadai karena setiap gerak gerik kita akan diperhatikan macam kita orang terkenal aja dia hatersnya. Tapi Ra, kan ada yang memang tugasnya seperti itu? Tugasnya seperti itu maksudnya gimana ya? oh gini-gini maksudnya adalah si teman ini adalah tugasnya memang melaporkan temannya yang lain saat melakukan kesalahan. Dia itu semacam spy jadi-jadian gitu loh. Jadi setiap orang diteliti dan diawasi kalau ada yang keliru sedikit aja wah langsung dilaporin dan si teman ini berharap si atasan langsung menegur dan memberikan sanksi. Iya saya tahu pasti ada orang yang macam ini. Kalau menurutku sih sah-sah saja dia melakukan tugasnya tapi apakah tidak sebaiknya diingatkan dulu katanya teman saling mengingatkan. Kan teman juga bisa berbuat salah atau keliru dong. Seharusnya sudah menjadi tugas kita untuk mengingatkan teman yang keliru atau salah, minimal ditanya dulu lah kenapa melakukan hal itu kalau sudah tak bisa dikasih tau baru dilaporkan jangan sedikit-sedikit melaporkan.

Saku sangat menghargai kalau memang tugasnya seperti itu, tapi bukannya kita harus saling menjaga hubungan baik? kalau saling melaporkan begitu apa yang ada dipikiran orang yang dilaporkan? bisa saja mereka sakit hati lho karena ada pelaporan tersebut. Tak apa kalau mau menegur sesama teman, itulah teman yang benar saling mengingatkan bukan yang ujug-ujug langsung melaporkan. Ya kalo tuduhannya bener kalau ada alasan dibalik kejadian itu gimana?

Kadang kasian sama tipe teman seperti ini, karena pasti banyak yang nggak suka karena sikapnya yang sok itu tapi balik lagi tergantung orangnya sih. Benar dia menjalankan tugas tapi apakah tidak bisa menegur sendiri dulu sebelum adanya laporan ke atasan? Kalau sudah ditegur dan sudah diingatkan tapi tidak ada perubahan baru boleh dilaporkan. Jangan bikin susah diri sendiri lah kalau apa-apa maunya segera dilaporkan agar si pembuat salah bisa mendapatkan sanksi. Ingat ya karma berlaku bagi siapa saja, kita kan nggak tau yang dilaporkan itu bakal biasa aja atau malah sakit hati. Bukankah doa orang teraniaya dikabulkan oleh Allah?

Nah untuk itulah jadi teman yang baik ajalah, jangan jadi teman yang pura-pura baik atau teman yang menusuk temannya sendiri. Kalau kita sudah jadi teman yang baik tapi masih aja dijahatin sama teman kita ya sudah biarin aja ikhlasin aja sabarin aja nanti Allah yang membalasnya. Udah ah sampai sini aja bahas tentang temannya. Happy long holiday ya. Terima kasih.

screenshot_1Source Image By Pinterest(Dot)com

 

16 thoughts on “Teman Itu Tak Menusuk Temannya Sendiri

  1. Ya kadang sih ada yang seperti itu
    Tapi ya, biarin aja lah…
    Terkadang ada pelajaran berharga dibalik itu…
    Jadi kita ambil hikmahnya, dg lebih introspeksi diri. Biar terhindar dari tusukan seperti itu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s