Ilmu Ikhlas


Dalam kehidupan yang kita jalani saat ini, pasti mendapatkan banyak cobaan. Baik cobaan yang tarafnya biasa sampai ke cobaan yang tarafnya sudah luar biasa. Saya percaya kalau Allah Subhanahu Wata’ala tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan umatnya. Kebanyakan dari kita pun sering merasakan kemarahan yang luar biasa pada Allah Subhanahu Wata’ala karena diberikan cobaan yang tak pernah usai. Wajar bila seorang manusia mengeluh tentang beberapa kejadian yang tidak diinginkan tapi terjadi. Tapi sadarkah kita kalau Tuhan Maha Kuasa? dan pasti ada tujuannya saat Allah Subhanahu Wata’ala memberikan ujian dan cobaan pada kita.

IkhlasdanSabarSource Image By Pinterest

Saya pernah mengalami masa yang sangat sulit, masa dimana cobaan yang diberikan Allah Subhanahu Wata’ala adalah cobaan yang sudah bertaraf luar biasa. Seakan-akan tidak ada jalan keluar, jalan keluar tertutup dan tidak ada yang mau membantu untuk menyelesaikan cobaan ini. Saya berusaha sekuat tenaga untuk berpikir tentang apa yang harus saya lakukan untuk menyelesaikan semua masalah dan cobaan yang sedang terjadi. Saat mengadu kepada sesama manusia tidak ada tanggapan, saya mengadu pada ALLAH Subhanahu Wataala. Saya menceritakan semuanya pada Nya. Saya yakin hanya DIA lah yang mampu menolong saya untuk menyelesaikan semua masalah yang ada. Disaat itulah saya benar-benar bertemu dengan yang namanya Sabar dan Ikhlas. Dari ceramah yang saya dengarkan saya meyakini bahwa ALLAH tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan manusia itu. Dalam ceramah yang saya dengarkan memberikan pengetahuan saya tentang menghadapi sebuah masalah yang hampir tidak ada jalan keluarnya. Kuncinya adalah kesabaran dan keikhlasan. Hal yang bisa kita lakukan adalah menerima semua masalah dan cobaan yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Menerima semua yang telah digariskan oleh Allah sambil mencari jalan keluar sebuah masalah atau ujian memang sudah harus kita lakukan.

Ikhlas01Source Image By Pinterest

Percayalah bahwa Allah akan memberikan masalah atau ujian dan cobaan sudah satu paket dengan solusinya tinggal kita manusianya yang harus berusaha keras mencari solusinya. Namanya juga manusia pasti akan selalu mendapatkan ujian dalam hidupnya dan apakah kita mau bertahan atau malah menyerah dengan keadaan, itu semuanya pilihan. Tapi yakin kalau menyerah? kalau saya sih nggak mau nyerah ya dengan semua ujian dan cobaan karena dengan adanya ujian bahkan cobaan Allah memberikan kesempatan untuk saya memahami ilmu Ikhlas. Kalau berbicara tentang ikhlas memang sangat mudah diucapkan tapi kalau untuk dilakukan jangan salah. Ilmu ikhlas itu sangat susah dan harus terus dipelajari. Tak semua orang memahami arti ikhlas yang sebenarnya. Sebagian besar dari kita pasti ngomongnya ikhlas tapi nggerundel dibelakang ah itu sudah lagu lama hahaha. Ikhlas itu memang belajarnya kudu tiap hari sama seperti belajar sabar. Sabar dan Ikhlas itu memang saling berhubungan karena dimana ada sabar pasti selalu ada ikhlas yang menemani.

ALIkhlasSource Image By pieceofislam(dot)wordpress(dot)com

Ngomongin tentang ilmu ikhlas, sejujurnya saya pun masih terus belajar untuk benar-benar mengikhlaskan dan merelakan apa yang sudah digariskan oleh Allah. Begitu banyak cerita tentang pembelajaran ikhlas di hidup saya yang salah satu contohnya sudah pernah saya tuangkan dalam “Aku Selalu Berusaha Mengikhlaskanmu.” Sungguh sangat susah saat dihadapkan dengan satu kejadian yang membutuhkan ikhlas didalamnya. Perlu usaha yang keras untuk selalu bersabar dan ikhlas menerima semua keadaan yang sudah digariskan oleh Allah. Allah akan memberikan semuanya sesuai porsi kita dan tentunya Allah yakin bahwa saat kita diberikan ujian dan cobaan kita pasti lolos walaupun dengan banyaknya air mata yang turun. Allah hanya ingin menguji kita dan tentunya kita harus lulus ujian kan kalau mau naik kelas. Yuk belajar sabar dan ikhlas setiap hari, cobaan sabar dan ikhlas itu tiap hari kok. Dari yang hanya cobaan kecil bahkan cobaan yang besar atau sangat besar malah. Kuncinya adalah percaya aja sama Allah, yakin aja sama Allah pasti semuanya bisa terselesaikan asal kitanya selalu berusaha menyelesaikan dan mencari solusi terbaiknya. Selain itu kita harus selalu sabar dan ikhlas dalam menghadapi semuanya. Allah bersama kita kok jadi jangan kuatir ya ngadu aja sama Allah dan Doa aja terus sama Allah karena Allah selalu mendengar semua doa kita. Semoga kita selalu menjadi manusia dan hamba yang sabar dan ikhlas ya dan semoga semua cobaan atau ujian yang sedang kita alami segera menemukan solusinya dan segera terselesaikan dengan baik. Aamiin Ya Robbal Alamin. Semoga Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kita semua Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamin. Terima kasih.

AllahWithUsSource Image By Samoa(dot)com

One thought on “Ilmu Ikhlas

Leave a Reply

