Check In dan Boarding Pass Untuk Kereta Api


20160710_152239

PT. KAI semakin lama semakin maju. Banyak sekali inovasi yang sudah diberikan untuk meningkatkan layanan di masyarakat. Setelah melakukan inovasi untuk pembelian tiket melalui online sampai mencetak tiket mandiri. Nah inovasi terbaru dari PT. KAI adalah sistem check in dan boarding pass. Sudah berasa seperti naik pesawat  saja ya ada check in dan boarding passnya. Kita sudah bisa mulai check in dari 12 jam sebelum keberangkatan. Dan paling lambat 10 menit sebelum keberangkatan. Ada mesinnya sendiri disetiap stasiun nantinya. Untuk saat ini check in dan boarding pass tersedia dibeberapa stasiun saja tetapi nantinya penerapan sistem check in dan boarding pass ini akan dilakukan secara bertahap diseluruh stasiun yang ada di Indonesia. Kemarin pada saat saya akan kembali dari stasiun Purwokerto, saya melakukan sistem check in dan boarding pas yang ada di stasiun Purwokerto. Berikut langkah yang harus kalian lakukan untuk check in dan boarding passnya :

  1. Setelah kalian datang ke stasiun, saya mengambil contoh stasiun Purwokerto ya. Saat kalian datang masuk saja dan lihat disebelah kanan pintu masuk stasiun sudah disediakan mesin check in.
    20160710_151822
  2. Usahakan datang ke stasiun 1 jam sebelum keberangkatan ya agar tidak terjadi keterlambatan nantinya. Di bagian check in sudah disediakan juga 1 petugas yang membantu sistem check in dan boarding pass sehingga penumpang yang belum mengetahuinya bisa bertanya pada petugas yang disediakan khusus untuk membantu penumpang.
  3. Saat kalian sudah memiliki tiket yang sudah kalian tukarkan melalui mesin cetak mandiri yang sudah umum ada di stasiun, kalian bisa langsung scan barcode yang ada ditiket karena dimesin check in sudah disediakan alat pembaca barcode jadi sangat memudahkan penumpang. Apabila kalian tidak sempat menggunakan barcodenya kalian bisa menuliskan kode booking tiket yang sudah kalian beli pada layar.
    20160710_151815
  4. Saat scan barcode atau menuliskan kode booking, kalian bisa langsung menemukan nama kalian ada dilayar kemudian silahkan pilih cetak atau print.
    20160710_151718
  5. Boarding pass akan keluar sesuai jumlah tiket yang kalian tukarkan.
    20160710_151755
  6. Boarding pass ini digunakan untuk memasuki ruang tunggu kereta yang ada di dalam stasiun. Sebelum adanya boarding pass ini kita masuk menggunakan tiket kan, sekarang kalian masuk menggunakan boarding pass bukan tiket lagi seperti biasanya.
  7. Lampirkan identitas diri berupa KTP atau SIM bersama dengan boarding pass pada saat pada petugas yang disediakan pada saat pemeriksaan awal.
    20160710_152141
  8. Setelah semuanya sudah terverifikasi oleh petugas, kalian akan dipersilahkan masuk dan menunggu kedatangan kereta kalian. Nanti akan dilakukan pemeriksaan sekali lagi oleh kondektur kereta saat kalian sudah masuk ke dalam kereta, jadi simpan baik-baik ya tiket dan boarding pass kalian.

Mudah sekali kan kalau kita sudah tahu langkah-langkahnya. Tinggal ke mesin check in, scan atau tulis nomer booking kemudian cetak boarding passnya. Tiket yang biasanya itu yang berwarna biru, secara bertahap akan diganti dengan boarding pass dan nantinya hanya akan tersedia mesin check in sedangkan mesin cetak tiket mandiri akan ditiadakan.

Demikian informasi yang dapat saya berikan untuk membantu kalian para pengguna kereta api. Semoga informasi yang saya tuliskan ini bermanfaat ya karena sebelum kalian memasuki ruang tunggu kereta kalian harus menukarkan terlebih dahulu tiket kalian dengan tiket boarding pass.

Nah itu tadi cerita saya tentang check in dan boarding pass yang saya lakukan di stasiun Purwokerto. Oh iya, jangan lupa untuk menyimpan tiket dan boarding pass kalian ya karena pada saat masuk ke dalam kereta, akan ada petugas yang akan memeriksa boarding pass kalian. Jangan sampai kehilangan boarding pass atau tiket kalian ya karena kemarin saya lihat masih ada boarding pass yang terjatuh dan ditemukan oleh petugas stasiun. Simpan ditempat yang tepat ya teman-teman agar kalian tidak terkena masalah saat didalam kereta. Dan simpan juga tiket dan boarding kalian karena terkadang ada promo dari KAI untuk perjalanan tertentu. Untuk info lebih lanjut kalian bisa follow akun twitternya KAI ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s