Berdamailah Dengan Hati dan Dirimu Sendiri


Banyak kejadian yang membuat kita merasakan kesakitan. Banyak keinginan yang mungkin belum tercapai. Banyak kenyataan-kenyataan yang tidak sesuai dengan espektasi yang kita inginkan. Dan masih banyak lagi hal-hal yang terjadi tapi tidak sesuai dengan angan-angan kita. Namanya juga kehidupan pasti banyak yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Karena seperti yang kita tahu Allah akan memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan, itu poin pentingnya.

sabar danikhlas

Sebal memang, kalau keinginan kita tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Terkadang juga rasa kecewa hinggap dalam diri dan tak menerima semua yang telah terjadi. Yang perlu kita ingat adalah apapun yang kita kerjakan dan apapun yang kita inginkan akan terjadi kalau Allah meridhoinya. Apalagi yang namanya sebuah masalah cinta. Pasti setiap berakhirnya sebuah hubungan selalu saja ada rasa tak terima dan pastinya kecewa. Hal itu sudah sangat pasti terjadi. Kejengkelan yang dirasakan oleh hati kita akan terjadi, kejadian apapun ya kalau kita ngga menerimanya ya bakalan jengkel terus kan. Kejengkelan ini akan segera hilang dan akan cepat hilang kalau kita berdamai dengan diri sendiri. Berdamai ini maksudnya adalah menerima semua yang sudah tejadi jangan menuntut dan selalu mengatakan dan bertanya kata “Kenapa” Kenapa ini bisa terjadi, kenapa kok berakhir seperti dan kenapa-kenapa lagi yang lainnya.

appreciate everthing

Perasaan tak terima akan sebuah akhir dari sebuah cerita memang sangatlah wajar terjadi dan tak dipungkiri aku pun merasakan hal itu. Kekecewaan, kejengkelan dan perasaan tak terima itu benar-benar membuatku semakin merasakan kesakitannya. Dalam diri aku selalu bertanya kenapa semuanya ini bisa terjadi, kenapa kau tiba-tiba memutuskanku, kenapa kau meninggalkanku dan kenapa-kenapa lagi yang lainnya. Tangis rasanya sudah tak terbendung lagi, kesakitan hati akan goresan-goresan luka juga sungguh lebih terasa menyakitkannya. Itulah yang terjadi saat kita tak berdamai dengan diri kita sendiri terutama berdamain dengan Sang Hati.

Memang tak mudah menerima semua kenyataan yang rasanya pahit, tapi mau tak mau kita harus bisa menerimanya walaupun sangat berat perjuangan untuk menerima semua kenyataan itu. Berdamai dengan hati memang membutuhkan waktu yang lama dan tentunya tak akan pernah mudah. Tapi apa salahnya kita mencoba terlebih dahulu, karena dengan berdamai dengan hati  kita lebih bisa menatap masa depan. Menerima semuanya akan membuat jalan kita lebih lancar tanpa hambatan. Karena dengan menerima semuanya kita belajar untuk mengikhlaskan sesuatu yang sebetulnya bukanlah yang terbaik untuk kita. Dan dengan menerima semuanya, berarti kita yakin bahwa Allah telah memberikan keputusan yang terbaik pada kita.

Mungkin kita pernah menyalahkan Allah dalam banyak hal tapi tahukah kita bahwa sebenarnya Allah sangat menyayangi kita dengan memberikan kenyataan yang sebenarnya walaupun akan terasa sakit dan sering sekali pahit rasanya. Semua pasti ada tujuannya kenapa Allah memberikan kesakitan itu. Dan kenyataannya yang sebenarnya adalah Allah memberikan kesakitan itu pasti ada tujuan, salah satu tujuannya adalah agar kita semakin kuat dalam menghadapi masalah apapun dilain waktu. Dan jangan lupa kalau Allah memberikan semuanya ada hikmah yang terkandungdi dalamnya. Selain itu Allah tidak akan memberikan sebuah ujian melebihi batas kekuatan dan kemampuan setiap hambanya, sudah ada takarannya masing-masing.  Jadi kalau kita tak bisa berdamai dengan hati dan diri sendiri bagaimana kita bisa menjalani hidup yang lebih baik lagi kedepannya? Kalau kita tak berdamai dengan hati dan diri sendiri, kita akan semakin terpuruk memikirkannya dan kesuksesan masa depan akan semakin jauh lagi. Tenang aja kita masih punya Allah kok jadi sambil terus berusaha berdamai dengan hati dan diri sendiri, kita bisa selalu berdoa pada Allah agar selalu diberikan kesabaran dan keikhlasan. Yuk bareng-bareng berdamai dengan hati dan diri sendiri biar jalan kita semakin lega dan mudah. Semoga Allah selalu memberikan yang terbaik pada kita dan selalu melancarkan semua usaha kita dengan sabar dan ikhlas Aamiin Ya Robbal Alamin. Terima kasih.

quoteberdamaiSource Image By Pinterest.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s