Dunia Teknologi Informasi Itu Seru!


Ingin mendapatkan tool dan tutorial pemrograman gratis? Kunjungi Intel Developer Zone http://sh.teknojurnal.com/witidz

Dunia teknologi informasi semakin hari semakin berkembang. Di jaman yang serba praktis ini, kita bisa melakukan semua hal lebih mudah dan lebih cepat. Memang, kebanyakan dari lelaki sudah mulai start duluan dengan dunia perteknologian karena memang lelaki ini paling suka mengotak atik sesuatu termasuk mengolah sebuah teknologi. Tapi saat ini sudah banyak para perempuan yang menggeluti dunia perteknologian juga. Nah ini nih yang membuat saya memutar lagi pengalaman yang saya dapatkan saat bekerja menjadi seorang web support dan account executive di sebuah perusahaan IT.

web developmentSource Image From lorewing.com

Ya, saya bekerja di sebuah perusahaan IT lebih tepatnya saya bekerja di sebuah perusahaan web development. Uh kedengarannya keren ya bekerja di sebuah perusahaan web development. Tapi kenyataannya iya keren banget bekerja di perusahaan ini. Semenjak saya lulus SMA mulailah saya bekerja di perusahaan ini, dari awal saya hanya mengenal microsoft word dan excel lama kelamaan pengetahuan saya bertambah dengan adanya perkembangan teknologi informasi. Perusahaan tempat saya bekerja ini adalah sebuah perusahaan yang tugasnya adalah SEO, membuat website, company profile, mengelola social media dan masih banyak lagi lainnya. Perusahaan Web Development ini nih yang saat ini sedang marak dan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan lain. Awalnya saya pun tidak mengerti asal muasal terbuatnya sebuah website yang biasa tayang di browser melalui internet. Disinilah saya mulai belajar, dari proses awal sampai website tayang pun saya tahu langkah-langkahnya. Langkah awal dari tahap design layout website sampai proses coding yang kemudian tayang menjadi sebuah website. Sekarang ini website sudah menjadi hal yang umum dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dan ternyata banyak juga lho bagian-bagian pendukung lainnya di dalam sebuah perusahaan web development. Tak melulu hanya seputar website saja, tapi server, database, pengelolaan SEO & Social Media dan masih banyak lagi lainnya.

website

Nah kalau menurut saya ya, sebuah perusahaan yang sudah mempunyai website pasti perusahaannya sudah keren dan tentunya sudah melek teknologi. Karena di dalam sebuah website yang tayang itu ada banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan dan pastinya sangat berguna bagi banyak orang. Ini nih beberapa keuntungan dan kelebihan saat sebuah perusahaan mempunyai website :

  • Kita bisa lebih mengetahui tentang perusahaan yang kita cari melalui websitenya.
  • Pertanyaan yang kita bingungkan bisa kita cari di website, biasanya informasinya diletakkan  di halaman FAQ.
  • Menghubungi perusahaan yang sedang kita cari bisa kita dapatkan melalui websitenya. Alamat, nomer telepon, nomer fax, alamat email bahkan fitur live chat bisa kita jumpai dalam websitenya.
  • Mau cari kerjaan di sebuah perusahaan bisa kita dapatkan informasinya pada halaman karir di website tersebut.
  • Dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah proses pembuatan design layout sebuah website masuklah ke tahap coding, coding dilakukan oleh seorang coder atau programmer. Sambil menunggu coding berjalan dan selesai saatnya sang copywriter bekerja. Apalagi sih copywriter ini? copywriter ini adalah orang yang bertugas membuat kata-kata menjadi kalimat-kalimat yang menarik agar orang tertarik untuk membacanya. Hal ini sangat dibutuhkan agar kalimat-kalimat di website tidak monoton dan membosankan saat dibaca. Keahlian sang copywriter dalam mengolah kata demi kata ini yang bisa membuat sebuah website itu lebih menarik selain elemen-elemen pendukungnya seperti designnya yang tentunya sudah dibuat sesuai dengan keinginan perusahaan tersebut.

ProseswebSource Image By picdorsey.com

Proses design sudah, coding sudah, copywriter sudah, saatnya saya bekerja. Yes web support memang bekerjanya kalau website sudah hampir jadi. Web support ini tugasnya adalah memasukkan isi atau content website, baik berupa teks atau produk. Terkadang coder atau programmer memasukkan teks dummy untuk dimasukkan ke dalam setiap halaman, yang mengganti teks dummy dengan isi halaman sebenarnya ya tugasnya web support. Kalian tahu tulisan Lorem Ipsum… yang mungkin masih ada diwebsite? itulah yang dimaksudkan dengan teks dummy. Kalau kalian menemukan tulisan Lorem Ipsum di halaman website, berarti halaman atau website tersebut belum selesai dikerjakan atau contentnya memang belum ada makanya cuman ditulis Lorem Ipsum. Ketelitian memang sangat dibutuhkan oleh seorang web support karena kalau ada yang keliru dengan isi halaman atau produknya wah bisa dapat komplain keras dari klien nantinya. Apalagi saat mengerjakan website e-commerce wah makin ekstra nih kerjaan saya. Website E-commerce ini adalah website yang biasanya dibuat untuk jualan, memasukkan produk-produk di website juga sangat membutuhkan waktu. Biasanya klien mengirimkan bahan produknya sepunyanya mereka terkadang fotonya sudah bagus dan siap untuk masuk ke website tapi ada juga foto yang dikirimkan adalah foto yang kurang bagus. Kurang bagus maksud saya begini, klien memberikan foto dengan ukuran kecil atau background yang tidak sesuai dengan layout design. Tugas saya lah yang mengotak atik sebuah foto produk menjadi lebih baik dan lebih enak dipandang saat dimasukkan ke website. Alhamdulillah selama saya bekerja, designer dikantor saya mengajari saya untuk mengotak-atik sebuah foto menjadi lebih baik dengan cara mengedit menggunakan adobe photoshop. Selain itu saya juga sempat kursus setahun di jurusan graphic design, dan itu sangat membantu sekali dalam pekerjaan saya.

Yang bikin serunya lagi, semua divisi saling ikut andil dalam pembuatan website ini. Coder bisa memberi masukan pada designer untuk layoutnya supaya layout websitenya bisa lebih bagus. Sang copywriter memberikan arahan pada web support untuk membuat tulisan di halaman lebih bagus menggunakan teks tebal atau miring biasanya didiskusikan bersama. Sang coder juga memberikan arahan tata cara memasukkan produk kepada web support walau kadang kala web support belajar sendiri dengan mengotak atik halaman produknya tapi arahan coder juga sangat membantu. Semua divisi saling bekerja sama dan yang lebih keren disetiap divisi selalu ada perempuannya. Baik divisi design, programer, copywriter sampai web support. Kebetulan memang yang ada lelakinya hanya divisi programer dan marketing saja sih selain itu isinya perempuan semuanya. Sudah terbukti kan perempuan juga melek teknologi lho, seru banget memang mendalami dunia teknologi informasi ini. Semua bisa dilakukan dengan lebih mudah karena pesatnya dunia teknologi informasi saat ini. Dan setelah semua elemen dilengkapi mulai design, coding, sampai content sebuah website selesai barulah website ditayangkan tapi biasanya dengan URL yang dibuat khusus oleh coder untuk memeriksa website tersebut. Meeting terakhir dengan klien pun dilaksanakan dan setelah klien memberikan kalimat “OK, website ini bisa ditayangkan sekarang” barulah tim coder mengupload website tersebut ke URL asli yang diminta oleh perusahaan. Nah begitulah proses salah satu perkembangan teknologi informasi yaitu sebuah website.

teamIni team kami, nah bisa dilihat kan banyak perempuannya daripada lelakinya😀

Saat ini perempuan pun tak mau kalah kan dengan lelaki kalau masalah teknologi informasi. Sudah sangat banyak sekali programmer perempuan. Padahal ya coding itu menurut saya cukup susah dan bikin pusing lho karena saya juga pernah mempelajari walaupun hanya dasar-dasarnya saja. Perkembangan dunia teknologi informasi ini memang semakin pesat, kalau kita para perempuan tidak mengikuti perkembangannya wah bakalan ketinggalan jauh deh. Apalagi yang namanya social media, sekarang ini banyak banget macamnya dan tentunya dengan fungsi yang berbeda-beda juga. Kalau menurut saya tak akan rugi lah kalau mempelajari dan mengikuti perkembangan dunia teknologi informasi karena akan selalu ada hal baru yang bisa bermanfaat untuk kehidupan kita saat ini dan nanti.

komunikasi

Oh iya berbicara tentang komunikasi, saya ceritakan sedikit nih tentang cara komunikasi yang ada dikantor saya. Biasanya ya dikantor lain menggunakan telepon extension untuk saling berbicara, tapi tidak dikantor saya. Telepon hanya digunakan untuk menelpon klien atau menerima telepon dari klien saja. Di setiap meja karyawan pun tidak ada telepon meja. Telepon meja hanya ada dimeja receptionis dan meja marketing saja. Lalu menggunakan apa untuk komunikasinya? Kami menggunakan salah satu teknologi informasi yang sudah ada yaitu software chatting. Memanfaatkan teknologi informasi yang sudah ada memang memudahkan kita, kan sekarang jamannya semuanya sudah serba praktis jadi mengikuti perkembangan dunia teknologi informasilah solusi termudahnya. Kami menggunakan Skype dalam berkomunikasi satu sama lain, lebih praktis dan irit bicara hahaha. Keuntungannya juga cukup banyak kita tak perlu capek-capek bicara tinggal ketik aja beres, kemudian bisa ditinggal ngerjain yang lain saat menunggu balasan dari chat kita dan yang pasti ngobrolnya bisa lebih praktis kalau lewat chatting. Selain melalui telepon, klien juga berkomunikasi dengan kami menggunakan skype apalagi kalau kliennya berada diluar kota atau luar negeri tinggal video call lewat skype semuanya beres. Untuk report pekerjaan pada klien pun kami tidak menggunakan telepon lagi tapi menggunakan email. Dan para klien kami pun sangat kooperatif dengan membalas email dan memberikan feed back pada kami demi kelancaran pekerjaan kami. Saya sangat bersyukur sekali dengan berkembangnya dunia teknologi informasi saat ini, semuanya bisa jadi lebih mudah dan lebih cepat.

Tulisan ini saya buat untuk mengikuti Lomba Blog Perempuan Di Dunia Teknologi Informasi. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan bagi kalian semua yang sudah membacanya. Semoga saya bisa menang dan mendapatkan yang terbaik. Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamin. Terima kasih

Intel-RealSense

Leave a Reply

