Sholat Gerhana Matahari Bikin Makin Sehat


Alhamdulillah masih bisa menemui gerhana matahari total. Gerhana matahari ini lagi banyak sekali diperbincangkan dimana-mana. Banyak yang search tentang gerhana matahari. Tapi maaf ya kali ini saya akan membahas tentang sholat gerhana matahari yang saya lakukan tadi pagi bersama keluarga saya disebuah masjid di dekat rumah. Saya tidak sempat melihat bagaimana gerhana matahari yang terjadi pagi ini karena pada saat gerhana matahari saya masih berada dimasjid untuk melakukan sholat gerhana matahari.

Apakah ada diantara kalian yang melakukan sholat gerhana matahari tadi pagi? Alhamdulillah saya bisa melaksanakan sholat gerhana matahari dan berikut ceritanya. Sedikit ulasan yang bisa saya bagikan untuk kalian adalah sholat gerhana matahari ini sungguh sholat yang benar-benar membuat badan menjadi lebih sehat. Kenapa saya bilang seperti itu karena sholat gerhana matahari terdiri dari 2 rokaat, 4 kali ruku dan 4 kali sujud. Nah kok bisa begitu? Ya itulah yang dicontohkan oleh Rosulullah saat datangnya gerhana matahari pada waktu itu. Untuk kalian yang tadi belum ada waktu untuk sholat gerhana matahari nih saya ceritain pengalaman yang saya alami saat sholat gerhana matahari pagi tadi.

Sang imam sholat tadi mempraktekkan gimana sih tata caranya dan yang mengagetkan adalah surat yang dibaca adalah surat yang panjang lho. Tadi saja rokaat pertama setelah membaca doa iftitah dan al fatihah imam membaca surat yasin. Kalian tau kan surat yasin itu berapa banyak yang pasti puluhan. Saya rasa sholat gerhana matahari kali ini merupakan sholat dengan durasi yang lebih lama dari sholat biasanya. Karena sesuai tata cara yang diberikan oleh Rosulullah bahwa Rosulullah membaca surat alquran lebih panjang, rukuk lebih lama dan sujud lebih lama dari biasanya. Saya sempat kaget dengan informasi yang disampaikan oleh imam kalau nantinya akan membaca surat yasin, surat waqiah dan surat ar rahman. Kan ketiga surat itu sangat panjang kan gimana nih kalau beneran jadi apa ya si kaki ini. Dan rokaat pertama pun dimulai dan sang imam ternyata tidak omong kosong belaka tapi ini beneran. Rokaat pertama bener-bener membaca surat yasin dan ar rahman. Bener banget kan saya pun kaget kalau beneran surat yasin yang dibacakan dan ya saya pun menyiapkan kaki untuk berdiri selama beberapa menit. Allahu Akbar ini beneran lho rasanya pegel lho kalau kalian ngga pernah berdiri lama. Setelah selesai surat yasin kan rukuk nih dan kalian harus tahu dalam rukuk pun kalian hrs membaca surat alfatihah dan surat alquran lagi lamanya sekitar 100 ayat tentu kan rukuknya pasti lama. Gimana rasanya rukuk lama? Kalau kalian dalam kondisi sehat pasti tidak ada masalah palingan cuman pegel di bagian lutut tapi kalian bisa juga pusing karena posisi rukuk. Setelah rukuk i’tidal dong dan jangan salah setelah i’tidal pada sholat gerhana matahari kalian tidak bisa langsung sujud tapi berdiri lagi dan imam membaca alfatihah dengan surat alquran lainnya dan surat selanjutnya adalah surat ar rahman. Nah lho gimana rasanya? Berdiri lagi lama pasti rasanya tak seberat berdiri di awal rokaat kan setelah selesai ar rahman selanjutnya baru sujud. Dan ya sujudnya tetap lama sodara-sodara setelah itu duduk diantara dua sujud kemudian sujud lagi durasinya lebih pendek dari sujud yang pertama kemudian berdiri dan ya alfatihah dan kemudian membaca surat al waqiah untuk urutan selanjutnya sama seperti rokaat pertama.

Setelah sholat gerhana matahari yang saya lakukan tadi kesannya adalah kalau menurut saya kalian yang melewatkan sholat gerhana matahari akan merugi karena kan sholat gerhana matahari hanya bisa dilakukan setiap 30 tahun sekali dan dilakukan saat gerhana matahari sedang terjadi. Kalaupun saya ketinggalan melihat gerhana matahari menurut saya tidak masalah karena masih bisa dilihat siaran ulangnya melalui youtube dan media video lainnya. Tapi semuanya pilihan sih kalian lebih memilih yang mana tapi dari pengalaman yang saya alami tadi saat sholat gerhana matahari memang pegel tapi pegelnya biasa aja kok ngga pegel yang berlebihan. Maka dari itu saya bilang sholat gerhana matahari ini membuat kalian makin sehat karena sembari beribadah kita bisa olahraga juga. Eman banget sih kalau kalian melewatkan sholat gerhana matahari tadi kan ngga bisa diulang lagi dilain waktu kecuali ada gerhana matahari. Tapi ngga masalah kalau kalian tadi tidak sempat melakukan sholat gerhana matahari, yuk kita berdoa aja semoga nanti kita bisa menemui gerhana matahari lagi dan bisa mempunyai waktu untuk beribadah dengan sholat gerhana matahari.

Mungkin ini aja nih pengalaman saya saat melakukan sholat gerhana matahari. Pengalaman kalian gimana? Ngerasain pegelnya kayak gimana sih? Tapi gapapa alhamdulillah walaupun pegel kita masih bisa beribadah dengan melakukan sholat gerhana matahari pagi tadi. Terima kasih ya sudah berkunjung sampai jumpa di artikel selanjutnya. Tulis komentar kalian di comment box ya. Thank you.

One thought on “Sholat Gerhana Matahari Bikin Makin Sehat

  1. Pingback: Menyaksikan Keindahan dan Keajaiban Allah SWT Melalui Gerhana Matahari | Raiza Rara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s