Bis Eka Mira


Kali ini saya mau mereview tentang PO Bis Eka Mira. PO ini menyediakan 2 jenis bis, yaitu bis eka dan bis mira. Bis Eka adalah bis patas berAC, sedangkan bis Mira adalah bis ekonomi berAC. Kebetulan waktu saya mudik, saya menggunakan bis Eka. PO ini berada di jalan Raya Gilang Sepanjang. Cukup jauh dari wilayah Surabaya.

Untuk memudahkan dan mempercepat perjalanan saya sarankan bila ingin naik bis Eka langsung saja datang ke garasinya yang berada di Jalan Raya Gilang Sepanjang. Memang cukup jauh tapi di garasi ini kalian bisa memilih tempat duduk yang kalian inginkan. Sesampainya di garasi bis Eka saya menuju pembelian tiket, ternyata disana sistemnya adalah memilih tempat duduk dulu baru bayar tiketnya di atas bis eka. Untuk memilih tempat duduk waktu itu saya bayar 5.000 perbangku. Setelah diberi kartu kita akan diberi tahu bis Eka nomer berapa yang akan mengantarkan perjalanan kita.

Di garasi bis Eka juga ada tempat untuk menunggu disertai kursi-kursi. Ada fasilitas mushola dan kamar mandi juga. Ada tempat makan juga disana. Pembeli minuman juga ada. Cukup banyak fasilitas di garasinya. Bis Eka datang, dengan menggunakan nomer, biasanya para penumpang dipanggil dan langsung disuruh naik. Nggak perlu kuatir nggak kebagian bangku di bis karena sudah ada pemilihan bangku diawal tadi. Kartu yang diberikan saat memilih tempat duduk ditukarkan dengan karcis perjalanan dan karcis makan sekali sekalian uangnya. Waktu itu saya kena 109.000 sudah termasuk memilih tempat duduk dan makan sekali. Mungkin selain hari lebaran akan turun lagi harganya.

Saat memasuki bis Eka kita akan diberi 1 cup air mineral, di dalam bis ini kursinya cukup empuk dan tampilan bis nya juga bagus. Para petugas yang ada di bis seperti kernet dan supir menggunakan seragam semuanya. Semuanya terlihat rapi dan tertata dengan baik. Di bagian kursinya ada sarung kursinya hanya separuh saja yang isinya nomer telpon yang bisa dihubungi bila ingin menggunakan bis Eka. Bis Eka ini bisa berangkat sewaktu-waktu karena armada bisnya juga banyak. Jadi jam berapapun ada 24 jam nonstop.

Selama perjalanan dari Surabaya ke Yogjakarta cukup cepat, Bis Eka ini menggunakan jalur alternatif yang bisa mempercepat perjalanan. Sangat nyaman saat menumpang bis ini. Review saya sangat bagus untuk bis ini. Para kernet dan suprinya juga cukup ramah jadi cukup nyaman. Bis Eka ini bis patas berAC dan tidak ada toilet di dalam bisnya. Jadi kalo mau pipir atau BAB bisa minta kernet untuk berhenti di SPBU di sepanjang perjalanan. Sesampainya di daerah Ngawi perjalanan akan berhenti sekitar 1 jam hanya untuk makan di restoran Duta Ngawi kalo tidak salah. Kita bisa memilih makanan yang di sediakan di karcis makan. Lumayan enaklah makanannya disini. Di restoran ini juga banyak toilet jadi bisa dipakai tanpa ngantri, walaupun ngantri juga sebentar. Setelah selesai makan bis akan melanjutkan perjalanan ke kota yang dituju.

Saya sempat oper ke bis Eka lainnya karena di bis Eka yang saya tumpangi hanya beberapa orang yang turun di terminal Jogjakarta, jadi kami di oper ke bis Eka yang penumpangnya turun di terminal Jogjakarta semuanya. Proses peng operan juga sangat cepat, kedua bis Eka saling menunggu untuk mengantarkan penumpang. Sangat terorganisir sekali saya rasa. Benar-benar hebat nih POnya. Pada awalnya saya menganggap PO ini biasa aja nggak ada specialnya eh ternyata pelayanannya sangat memuaskan dan nggak rugi naik bis ini. Itu saja review yang bisa saya sampaikan mengenai PO Bis Eka Mira ini. Mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kalian yang mau bepergian. Ada yang punya cerita sama seperti saya? pengalaman naik bis Eka? comment di comment box iah. Terima Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s