Alhamdulillah, Akhirnya Tahun Ini Bisa Mudik Juga…


Alhamdulillah tahun ini bisa kesampaian mudik ke kampung halaman juga. Agak telat iah posting tentang mudik sekarang tapi nggak masalah dong mumpung ceritanya seru. Lagian saya juga mau membayar hutang posting tentang awal bulan Agustus kemaren.

Mari kita mulai cerita ini, waktu itu bulan puasa udah tinggal beberapa hari lagi. Semua orang mulai sibuk dengan rencana mudik ke kampung halaman masing-masing. Awal bulan waktu itu gajian blom juga sampai direkening, gundah gulananya hati saat uang masih belum mengalir di rekening saya. Di sisi lain sang keluarga dirumah mulai dari ayah, mama dan adikku sudah ribet dengan acara mudik. Iya kami memang pingin sekali mudik ke kampung halaman mama saya di Purwokerto Jawa Tengah. Terakhir kami pulang kampung sekitar 2 tahun yang lalu. Sangking kepinginnya kami pun nekat mencari tiket perjalanan kereta api untuk bisa menuju ke Purwokerto tapi kenyataannya semua tiket kereta sudah habis karena semuanya sudah diborong oleh para pemudik. Kami telat, kami tak tau updatetan berita terbaru tentang kereta api. Karena kami memang awalnya tidak berniat untuk pulang ke Purwokerto karena terhalan masalah biaya, cukup banyak biaya yang diperlukan untuk perjalanan dan tinggal beberapa hari di Purwokerto. Kami tertinggal berita tentang kereta tambahan lebaran dan iah kami ketinggalan berita tentang kereta murah! Sangat menyesal kenapa kami tidak mencari-cari berita tentang kereta tambahan yang harganya murah. Saat coba cari-cari di websitenya PT KAI ternyata ada kereta yang harganya 10.000, dan ada kereta BIMA yang harga 90.000 dan 180.000 dari harga awal kereta BIMA diatas 300.000. Lebaran kemarin memang harga kereta api kelas ekonomi diatas 100.000 semuanya. Jadi pengeluaran untuk perjalanan saja sudah cukup banyak. Kehabisan tiket kereta api, saya tidak kehilangan harapan saya dan ayah saya memutuskan untuk pergi ke agen bis untuk mengetahui harga dan tanggal keberangkatan yang masih tersedia. Sangking semangatnya panasnya hari itu kami jalani guna mendapatkan tiket perjalanan mudik. Sampai agen tersebut harganya dua kali lipat dari harga tiket kereta api, harganya juga bisa menjadi 3 kali lipat dari harga jual bis biasanya. Saat kami cari di agen bis Rosalia Indah untuk keberangkatan tanggal 6/7 agustus 2013 di agen tersebut ternyata sudah habis terbeli adanya hanya tanggal 8 Agustus. Lha sama aja dong lebaran di Surabaya juga. Di agen bis Handoyo ada tanggal 6 Agustus untuk keberangkatan tapi harganya menggila menjadi 260.000 padahal dari harga awal hanya 100.000 saja. Tanpa hasil kami berdua pun pulang kembali kerumah.

Sampai dirumah kami pun masih belum fiks untuk memutuskan mudik atau tidak. Dalam kebimbangan hati kami terus berdoa kepada ALLAH Subhanahu Wataala untuk memberikan kami jalan yang terbaik untuk kami semuanya. Kami mencari agen bis lain untuk pergi mudik ke Purwokerto. Kami cari – cari dan ayah saya ingat saat dulu ayah saya dan mama saya pergi ke Purwokerto dengan menggunakan bis EKA. Dicarilah nomer telpon bis EKA dan mencoba menelepon untuk jadwal keberangkatan dan harganya juga. Setelah menelepon kami mendapatkan harga pastinya yaitu 104.000 sudah termasuk makan 1 kali dan hanya sampai di Jogjakarta saja. Kami berpikir kembali untuk menggunakan bis ini, karena jarak Jogjakarta ke Purwokerto sekitar 4-5jam. Akhirnya 2 hari sebelum hari raya kami memutuskan untuk pulang kampung dan memakai bis eka dan akan oper bis lagi di terminal bis jogjakarta.

Perjalanan dimulai pada pukul 6 sore, kami berangkat dari jam 4 sore menuju ke garasi bis eka. Setelah mengambil nomer tempat duduk kami menunggu bis eka yang akan mengantarkan kami ke yogjakarta. Jam setengah 6 bis datang, sambil berbuka kami bersiap untuk berangkat. Saya sempat sholat maghrib dulu sebelum perjalanan. Setelah sholat kami semua sudah disuruh masuk di bis dan bisa segera berangkat. Bis melaju cukup kencang diperjalanan hanya berhenti di pom bensin hanya untuk buang air kecil saat ada yang lagi kebelet pipis. Cukup menyenangkan perjalanan mudik menggunakan bis, walaupun ini pengalaman pertama saya naik bis saat mudik tapi cukup seru. Walaupun agak kuatir sih saat naik bis, iah kalian tahu dong kalo naik bis kadang nakutin hehe. Cukup cepet juga sih naik bis eka ini. Memasuki daerah jogja dan itu tengah malem, kami ganti bis karena bis yang kami tumpangi kebanyakan ke Magelang jadi nggak berhenti di Jogja, kami dioper ke bis yang sama juga bis eka tapi yang mayoritas penumpangnya turun di kota yogjakarta. Sampe di jogja sudah tengah malam sekitar jam setengah 2 pagi kami sampai di Jogjakarya. Ah akhirnya singgah di kota ini untuk naik ke bis selanjutnya yang menuju ke Purwokerto. Alhamdulillah nggak lama kami mendapatkan bisnya, sekitar jam setengah 3 kami berangkat ke Purwokerto. Sekitar 4-5 jam kami menempuh perjalanan, sekitar jam 7 pagi kami sampai di terminal Purwokerto. Alhamdulillah sampai juga di kota Purwokerto yang selalu dikangenin beberapa tahun ini.  Sampai di terminal Purwokerto nggak lama menunggu sodara saya menjemput dan pulanglah kami kerumah tercinta. Ah kangen banget rasanya. Hari-hari kami lalui di Purwokerto dan sangat menyenangkan dirumah ini pekerjaan saya hanya makan, tidur, nonton tipi dan jalan-jalan hahhaa indahnya hidup kalo disurabaya kerjaannya gini juga bisa makin gendut haha.

Sekitar seminggu saya disana dan waktu pulang pun tiba nggak tega meninggalkan kampung halaman yang masih sangat indah dan pasti ngagenin banget. See you soon Purwokerto and I am coming Surabaya.  Pengalaman mudik kalian gimana? share disini dong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s