Sabar


Kata kebanyakan orang sabar itu ada batasnya. Menurut saya sih kesabaran itu tidak ada batasannya. Kesabaran itu memang sangat susah untuk didapatkan apalagi saat kita lagi marah semarah marahnya. Saat saya merasakan marah dan jengkel yang luar biasa biasanya saya hanya terdiam dan tak mau bicara pada siapapun. Diam membuat saya sedikit tenang, kadang ada orang yang marah-marah dengan hebatnya. Memecahkan barang pecah belah ato memaki-maki orang yang membuat marah itu sudah wajar terjadi saat seseorang sedang marah dan jengkel. Banyak yang bilang kalo marah-marah langsung dilakukan dengan tindakan seperti memecahkan barang ato tindakan nyata lainnya itu lebih baik daripada marah yang hanya diam dan tidak bisa melampiaskannya. Lebih menakutkan orang yang marahnya hanya diam, karena mereka tidak mau melampiaskan kemarahannya pada orang yang membuatnya marah. Mereka kebanyakan diam dan menahan diri untuk tidak marah-marah. Banyak sekali alasan yang membuat orang untuk menahan kemarahannya.

Kembali lagi kesabar lagi. Saat saya mengalami kemarahan yang luar biasa saya hanya bisa diam dan menahan amarah saya untuk tidak meledak-ledak dan itu mungkin akan membahayakan dan menakutkan. Kemarahan dalam diam biasanya meninggalkan bekas yang cukup dalam karena tidak bisa melampiaskan kemarahannya. Saat saya sedang mengalami kemarahan yang luar biasa saya menahan kemarahan itu dan mencoba untuk bersikap sabar kan sabar itu nggak ada habisnya kan. Saat  saya marah semarah-marahnya seperti saat ini saya hanya diam dan tak ingin bicara pada orang lain. Hal yang sangat buruk tentunya tapi lebih baik saya diam daripada saya melampiaskan kemarahan saya yang luar biasa ini. Saat kemarahan itu datang saya mengucapkan istigfar sebanyak-banyaknya dan mencoba untuk diam, dalam diam saya mencoba sabar. Saya selalu mencoba bertahan dan mencoba untuk selalu sabar dalam menghadapi kemarahan saya, tapi saat kemarahan itu tidak bisa saya tahan dan saya kendalikan hal yang saya lakukan adalah menangis. Menangis merupakan salah satu hal yang bisa membuat saya sedikit tenang saat kemarahan yang luar biasa datang. Hanya menangis hal yang bisa saya lakukan saat saya sudah tidak bisa menahan tekanan kemarahan yang luar biasa.

Kemarahan dalam diam biasanya lebih lama sembuhnya. Lebih lama mengembalikan mood yang sudah hilang akibat menahan amarah.  Kesabaran itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Saat dalam posisi marah dan jengkel kesabaran itu sangat sulit datang tapi kembali lagi pada diri sendiri kalo diri sendiri sudah berlatih untuk sabar semuanya akan lebih mudah. Usahakan setiap hari belajar untuk selalu bersabar dalam segala hal karena dengan itu bisa mengurangi kemarahan yang meledak-ledak. Terima Kasih

Leave a Reply

