Peraturan


Peraturan adalah sesuatu yang harus ditaati apapun keadaannya. Tapi peraturan itu bisa dibuat dinamis juga lho. Selalu berubah mengikuti jaman yang berjalan. Peraturan dibuat untuk dipatuhi. Kadang-kadang sebuah peraturan itu sangat sulit untuk diterima. Contohnya peraturan pemakaian helm dan pemasangan kaca spion di sepeda motor. Awalnya banyak sekali yang tidak bisa menaati peraturan tapi setiap orang yang melanggar peraturan akan dikenakan sanksi. Dan sanksi inilah yang membuat efek orang untuk mematuhi peraturan. Mau nggak mau semuanya harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. Dibalik setiap peraturan yang dibuat pasti ada sebuah hal yang baik. Peraturan untuk memakai helm bertujuan untuk keselamatan para pengguna sepeda motor tersebut. Pemasangan kaca spion digunakan agar si pengendara motor bisa lebih berhati-hati dalam berkendara. Mungkin itu maksud dan tujuan adanya peraturan wajib memakai helm dan memasang spion pada saat berkendara.

Ngomongin masalah peraturan, di kantor lagi ada peraturan baru juga. Biasanya sih di kantor bisa dengan bebasnya membuka facebook dan youtube. Tapi sekarang tak bisa lagi, tidak bisanya karena internet kantor sudah disetting sedemikian rupa agar kedua situs itu tidak bisa terbuka pada saat jam kantor. Dengar-dengar sih bisanya cuman pada jam istirahat aja. Dari kemaren saya tidak bisa membuka kedua situs itu saya pikir hanya komputer saya saja yang tidak bisa membukanya. Saat komputer saya tidak bisa membuka kedua situs tersebut, teman saya yang satu ruangan dengan saya maish bisa buka situs tersebut. Nah makin bingung kan saya kenapa hanya saya yang tidak bisa, tapi nggak pengaruh juga sih sebenernya buat saya. Sebelum pulang ternyata kedua situs itu bisa saya buka, entahlah mungkin karena sudah mau jam pulang jadi bisa. Nah tadi pagi saya kaget karena kedua teman seruangan dengan saya tidak bisa membuka kedua situs itu lagi, setelah saya coba di komputer saya eh sama nggak bisa dibuka juga. saya tanya ke teman-teman yang lain ternyata memang nggak bisa. Dari sini saya sudah berpikir oh mungkin internetnya disetting untuk memblock kedua situs itu saat jam kerja berlangsung. Entahlah saya juga kurang tau kenapa tiba-tiba mati. Saya pikir ini berhubungan dengan internet kantor yang lagi nggak bener, internet lagi lemot banget nggak jarang bisa mati internetnya.

Dari kejadian ini saya berpikir tentang alasan memblock sementara kedua situs itu saat jam kerja berlangsung. Mungkin salah satunya adalah agar para pekerja bisa lebih fokus dalam bekerja dan tak bermain-main saat jam kerja berlangsung. Diambil nilai positifnya aja deh, toh peraturan baru yang dibuat kantor ini juga bagus kuq untuk kelanjutan kantor ke depannya. Kantor mau para karyawan lebih fokus pada kerjaan masing-masing yang lebih penting daripada bermain. Karena para karyawan dibayar untuk bekerja bukan untuk bermain. Awalnya mungkin sulit untuk mengubah kebiasaan membuka kedua situs itu saat jam kerja tapi lama-lama juga terbiasa. Semuanya itu butuh waktu dan butuh kesadaran dari masing-masing personal. Sebel sih dikit tapi mau bagaimana lagi kalo sudah ada peraturan baru seperti itu. Kan peraturan dibuat untuk ditaati dan dijalani jadi lebih baik menaati peraturan yang ada selama peraturan itu nggak merugikan kita sih menurut saya nggak masalah.

Mungkin itu sedikit cerita tentang sebuah peraturan baru yang sedang terjadi. Kalian ada yang mengalami seperti saya? boleh lho dishare di comment box. Terima kasih

Leave a Reply

