Yuk Mudik


Lebaran sudah di depan mata. Liburan pun sudah di depan mata. Kegiatan yang banyak dilakukan adalah mudik alias pulang kampung. Buat yang dari luar daerah ato luar pulau bahkan luar negeri moment libur lebaran biasanya digunakan untuk mudik. Libur lebaran memang cukup panjang jadi banyak orang yang memanfaatkan moment ini untuk pulang kampung bertemu orang tua dan sodara. Biasanya banyak banget kan bawaan yang harus dibawa, mulai dari pakaian sampai makanan. Nah sedikit tips nih buat barang-barang yang wajib dibawa yuk cek cek

1. Tas atau Koper

Tas atau koper adalah barang yang paling penting saat mudik. Kalo kalian naik kendaraan darat dan laut mending bawa tas jinjing yang ukuran besar ato tas ransel aja biar nggak makin berat nanti bawanya. Kalo kalian naik kendaraan udara mending bawa tas koper yang ukuran besar biar semua barangnya masuk jadi satu disana.

2. Pakaian secukupnya

Ini nih yang perlu diperhatikan, bawalah pakaian secukupnya dan jangan sampe nanti jadi mubadzir pakaiannya. Bawa pakaian yang penting aja biar nggak terlalu penuh tuh tasnya.

3. Peralatan Mandi

Ini penting juga lho jangan sampe ketinggalan. Iah kalo disana ada peralatan mandi kalo pas nggak ada kan bisa berabe. Mending sedia dulu daripada ntar nyariin.

4. Peralatan Sholat

Peralatan sholat juga penting, bawa aja yang simple dan praktis nggak usah bawa yang ribet.

5. Obat-obatan

Obat-obatan yang dimaksud adalah persediaan obat saat perjalanan. Jadi waktu nggak enak badan di perjalanan kita udah siap.

6. Sandal Jepit

Kalo saya saranin sih mending pake sandal jepit deh pas brangkat kalo yang naik kereta, soalnya bakalan capek deh kaki kalo pake sepatu apalagi pake high heels nggak banget deh. Mending sepatunya disimpen dan dibungkus lalu dimasukkan ke tas. Kalo pake kendaraan lain boleh kok pake sepatu.

7. Charger

Ini juga harus diperhatikan, charger handphone ataupun laptop juga harus diperhatikan. Masukkan dalam 1 tas kecil segala macam charger elektronik yang kita punya dan yang kita bawa waktu pulang kampung.

8. Uang kecil

Mungkin uang kecil ini sudah nggak dibutuhkan waktu di dalam kereta untuk saat ini tapi lebih baik disediakan saja mungkin ada gunanya. Dulu memang buat yang mudik pake kereta sediain uang receh iah soalnya banyak pengamen, dan duit kecil juga berguna buat beli makanan di kereta tapi sekarang sudah nggak ada lagi pengamen dan penjual makanan di dalam kereta. Buat yang naik kendaraan selain kereta sediain aja biar nanti kalo dibutuhkan nggak kelabakan. Kan lebih baik bayar duit pas daripada bayar ada kembaliannya.

9. Makanan dan Minuman

Untuk mengirit pada saat perjalanan. Mending bawa makanan sendiri deh biar nggak beli-beli diluar. Tahu sendiri kan makanan diluar bakalan naik berlipat-lipat saat lebaran. Bawa air minum secukupnya biar nanti nggak repot dan nggak harus beli lagi.

10. Perlengkapan perjalanan

perlengkapan perjalanan yang dimaksud disini adalah tiket perjalanan, peta dan identitas lainnya.

11. Dompet

Jangan sampe lupa bawa benda yang satu ini. Coba cek dompet deh pastiin semuanya lengkap isinya mulai dari KTP, SIM, ATM, Kartu kredit, Uang tunai dan identitas lainnya. Bawa uang tunai secukupnya biar dompet nggak terlihat penuh. lengkapi keamanan dompet bisa dengan pemberian rantai kecil ato dengan membawa tas saku kecil.

12. Handphone dan Kamera

Nomer-nomer penting biasanya tersimpan di handphone kan jadi jangan sampai lupa bawa handphone iah. Untuk kamera sih hanya pelengkap aja sekalian liburan di kampung halaman sekalian mengabadikan kenangan indah melalui foto.

Mugkin itu beberapa barang yang harus dibawa. Cek barang-barang kalian sebelum mudik jangan sampai ada barang yang ketinggalan. Jangan lupa untuk mengisi baterai peralatan elektronik yang akan digunakan agar awet saat perjalanan. Jangan lupa untuk meninggalkan rumah ato kost dengan aman, mulai dari kran air, kompor dan mengunci pintu. Selalu berhati-hatilah dalam perjalanan. Jangan lupakan berdoa saat akan memulai perjalanan mudik. Selamat mudik buat yang mo mudik, hati-hati dijalan dan semoga selamat sampai tujuan. Have a nice holiday everyone.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s