Surabaya, Jakarta, Bandung ato Yogyakarta


Ngomongin ke 4 kota ini jadi pengen banget kesana. Keempat kota ini sudah pernah kusinggahi. Banyak banget perbedaan di setiap kota kalo mau dibandingkan. Saya mau sedikit share mengenai keempat kota ini. Yuk ah disimak

1. Surabaya

Kota kelahiranku, kotaku tercinta dan kota yang panas. Jangan heran kalo dikota ini minim sekali yang berkulit putih kebanyakan berkulit kuning langsat, sawo matang dan terkadang ada yang hitam hehe. Bukannya menjelekkan kotaku sendiri iah tapi memang gitu kuq adanya. Di Surabaya mulai banyak pendatang mobil dan motor berplat B juga sering muncul di Surabaya, entah mereka hanya singgah ato mereka tinggal di Surabaya saya pun tak tahu. Dari segi kemacetan hanya ada beberapa titik kemacetan parah yang terjadi di Surabaya. Kemacetan biasanya terjadi pada jam-jam berangkat kantor/sekolah dan jam pulang kantor, kalo siang hari paling cuman ramai lancar aja. Banyak banget juga tempat bersejarah di Surabaya, mulai dari jembatan merah, sampai monumen bambu runcing. Kalo menurut saya sih yang sudah lama tinggal di Surabaya merasa sangat nyaman tinggal disini walaupun panasnya luar biasa tapi seru banget tinggal disini. Makanan khasnya juga enak-enak lho jadi kalo mau berkunjung ke Surabaya jangan lupa wisata kuliner dan mengunjungi situs sejarah di Surabaya iah. Banyak banget angle bagus buat foto yang hobi foto-foto seneng banget pasti.

2. Jakarta

Jakarta oh Jakarta, banyak sekali orang yang ingin pergi ke Jakarta. Banyak sekali orang yang ingin mengadu nasib di Jakarta. Tapi tahukah kalian? kalau Jakarta semakin sempit, dimana – mana macet, dimana-dimana isinya cuman bangunan dan gedung bertingkat. Banyak sekali mall dan banyak sekali apartemen yang ada di Jakarta. Biaya hidup di Jakarta cukup mahal saya juga lho ternyata. Untuk 1 porsi mie ayam saja harganya Rp. 7.000 sedangkan untuk teh botol Rp. 3.000. Sekali makan Rp 10.000 itu pun makannya cuman mie ayam cuman buat ganjel aja sih kalo buat saya.  Selain macetya yang nggak ketulungan, di Jakarta suasana juga nggak bagus buat kesehatan, selain udaranya yang cukup kotor tata kotanya juga semrawut. Yang paling seneng di Jakarta kayaknya belanja di mangga dua, barangnya terkenal murah dan banyak pilihannya. Kayaknya harus pikir-pikir lagi kalo mau ke Jakarta, takut banget sama macetnya sih. Kemaren pas ke sana kena macet cukup parah yang biasanya hanya ditempuh 2jam perjalan dari Bandung ke Jakarta ini 4 jam lebih belum sampai ke Bandara Soetta. Dan yang sialnya lagi di perjalanan sepanjang tol tak ada pom bensin dan toilet umum hanya ada beberapa. Jadi siap – siap punya kamar mandi di mobil kalo mau aman hehe. Jadi mikir-mikir kalo mau kesana lagi.

3. Bandung

Bandung kota yang dikenal dingin. Memang bener kuq kalo Bandung itu kota yang dingin. Bandung juga terkenal dengan pakaiannya, banyak sekali outlet-outlet dan distro-distro pakaian di Bandung. Harganya juga macam-macam ada harga yang murah sampai harga yang mahal juga ada. Bandung mempunyai tempat penjualan jeans, yaitu di erah Cihampelas banyak banget toko-toko penjual jeans. Untuk masalah harga sih mulai Rp. 50.000 ke atas. Harga kan mempengaruhi kualitas kan jadi kalo jeansnya bagus memang harganya agak mahal. Di Bandung juga banyak tempat-tempat makan, mungkin karena cuacana yang dingin jadi cepat banget laparnya hehe. Bawa duit yang banyak iah kalo ke Bandung soalnya banyak barang dan tempat makan yang bikin ngiler. Waktu ke Bandung saya sempat ke Paris Van Java, Paris Van Java biasa dikenal masyarakat sebagai PVJ. PVJ adalah sebuah mall outdoor pas masuk kesini berasa mewah banget lho. Tempat makan, boutique, tempat nongkrong tumplek blek jadi satu disini. Kalo di Surabaya mungkin mirip sama Surabaya Town Square atau SUTOS. Mall ini keliatan wah mungkin karena design interiornya yang elegan dan terkesan mewah banget. Cuman jalan-jalan bentar disini karena yang dilihat hanya kumpulan boutique – boutique yang kayaknya sih mahal iah barang-barangnya jadi nggak jadi deh masuk liat-liat. Selain di PVJ saya juga sempet mampir ke Trans Studio, tempat bermain yang luar biasa banyak mainan yang ditawarkan disana, seneng anget bisa main-main ke Trans Studio, buat kalian yang belum pernah ke Bandung coba deh kesana seru banget disana.

4. Yogjakarta

Yogjakarta biasa disebut dengan kota pelajar. Sudah lama saya tidak ke Jogja. Terakhir kesana sekitar 7tahun yang lalu. Di Jogja ada sebuah kraton yang masih berjalan sampai saat ini. Orang Jogja juga dikenal santun dalam bersikap. Waktu ke Jogja dulu saya mengunjungi Candi Borobudur, Kraton Jogjakarta dan Malioboro. Maliobor itu sebuah jalan yang ada di Jogjakarta tapi di jalan ini pula lah banyak pedagang-pedagang yang menjual berbagai macam barang mulai barang-barang lucu sampai barang-barang khas jogja seperti batik khas jogja, kaos dagadu khas jogja sampai ke pernak-pernih lucu yang dibuat dari bahan sederhana. Gimana iah rupa Jogja sekarang? jadi pengen kesana lagi

Mungkin itu sedikit share cerita saya mengunjungi ke 4 kota yang cukup terkenal di Indonesia. Saya tetep cinta pada semua kota diatas. Setiap kota kan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing jadi mohon maaf kalo ada yang tersinggung. Semoga bisa jalan-jalan lagi ke 4 kota diatas, ato mungkin ke kota-kota lain semoga As Soon As Possible. Thankyu iah

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s