Cerita Tentang Kuliahku Bagian 3


Nah kemaren kan udah nulis yang Cerita Tentang Kuliahku Bagian 2 Yuk sekarang dilanjutin ceritanya. Memang sih kerjaan dan kuliah berjalan beriringan tapi kadang kala saya merasa sangat kelabakan dikarenakan waktu lagi banyak-banyaknya tugas kuliah eh di kantor juga banyak banget tugasnya. Sampai pusing harus ngerjain yang mana dulu. Sekalian berbagi tips sedikit kalo seandainya kalian sama sepertiku bekerja sambil kuliah dan kalo tugas kuliah dan kantor buanyak banget mending pilih prioritas dulu, yang dimaksud prioritas adalah kerjakan yang mendesak dulu ato yang deadlinenya mepet baru mengerjakan tugas yang masih bisa santai mengerjakannya.

Masalahku mulai muncul saat kuliah lagi banyak-banyaknya bikin tugas tapi tugasnya kudu di print out. Misalnya bikin kartu nama, tugas photography yang fotonya harus di print dan beberapa tugas lainnya. Alhasil bolak baliklah saya ke digital printing. Mungkin untuk mahasiswi yang kuliah di jurusan design pasti mencari semua hal yang berbau murah, saya pun juga begitu mencari digital printing yang murah dan lumayan untuk kantong saya dan hasilnya juga cukup bagus. Kesulitan yang saya alami saat kuliah adalah kesulitan keuangan, saya hanya mengandalkan gaji saya perbulan untuk kebutuhan kuliah saya mulai dari beli peralatan design sampai print ke digital printing. Saya meminta uang ke orangtua saya kalau saya benar-benar kepepet dan sudah tidak mempunyai uang sama sekali untuk kebutuhan kuliah saya. Saya mencoba untuk bertahan walaupun keadaan keuangan saya dan orangtua saya pas-pasan. Tapi saya selalu bersyukur bisa membiayai kuliah saya walaupun dengan bantuan orangtua saya. Untuk donatur hanya memberikan saya uang untuk masuk kuliah saja jadi saya berusaha untuk mencukupi kebutuhan kuliah saya.

Satu semester saya lalui dengan hasil yang tidak memuaskan saya hanya mendapatkan IP 2,8 sangat menyedihkan dan saya sangat kecewa dengan hasil kerja keras saya. Di semester kedua ini adalah semester yang menyenangkan menurut saya karena di semester ini saya bisa mempelajari apa yang saya suka, mulai dari Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator sampai photography. Di Akhir semester 2 ada Tugas Akhir yang membuat saya cukup gila meghadapinya, yaitu tugas GDP (Graphic Design Project) yaitu tugas untuk membuat brand baru atau merebranding produk lama yang kurang terkenal dimata masyarakat. Nah kan pusing kan saya aja pusing mikirnya waktu itu tapi alhamdulillah saya sudah mengambil judul dan judulnya adalah PEMBUATAN KEMASAN DAN MEDIA PROMOSI VARIAN BARU SIRUP ABC NAGASTRO. Mengapa saya mengambil judul itu karena saya ingin mengubah bentuk sirup abc yang mulanya botol menjadi kemasan tetrapack dan sekalian saya membuat varian rasa baru yaitu nagastro, nagastro adalah singkatan dari buah strawberry dan buah naga. Judul ini memberikan cukup banyak reaksi dikalangan dosen penguji dan pembimbing.

Walaupun terjadi beberapa reaksi tapi alhamdulilah mereka mengerti maksud produkku. Semangat banget ngerjainnya walaupun kadang mengarang indah waktu nyusun laporan. Disaat semangat-semangatnya ngerjain ternyata kebanyakan temenku pada males ngerjain lho, kebanyak dari mereka bingung mau bikin produk yang seperti apa dan dari brand apa. Cukup bikin pikiran selama beberapa bulan. Mulai dari BAB I sampai ke implementasi designpun kudu dijalani. Ditengah-tengah males melanda karena design nggak di setujui oleh dosen pembimbing dan dosen penguji muter otak lagi dan nyari ide-ide lagi yang lebih pas untuk produkku.

Dan saat mencari asal muasal perusahaan Sirup ABC ternyata keberadaan website ato keterangan lain tentang sirup ABC jarang banget diulas. Itu juga yang bikin males, nyari kesana kemari dari web ke web tapi alhamdulillah menemukan tapi hanya sedikit. Walaupun sedikit tapi lumayanlah buat bahan. Uji Kelayakan maju TA pun dimulai. Yang bikin sebel adalah waktu asistensi di dosen penguji mereka bilang hmm ok terus tanda tangan pas presentasi uji kelayakan mereka menyerang wohoo aku ditanya habis-habisan lho padahal mereka udah bilang ok ternyata ada udang dibalik batu haha. Uji kelayakan 1 lulus lanjut ke Uji kelayakan 2. Uji kelayakan 2 ini menentukan untuk pameran design ato tidaknya. Di Uji kelayakan 2 smuanya harus benar-benar jelas. Dan Alhamdulillah saya lulus

Pameran TA pun kurang beberapa hari lagi. Saya kelabakan untuk print produk dan membuat produknya. Setelah dibuat dengan ukuran yang benar ternyata pas di print hasilnya salah dan ukurannya salah itu hal yang sangat menyebalkan dan kebetulan itu malam sterakhir sebelum pameran. Kejar-kejaran dengan waktu, di sisi lai teman-teman saya sudah hampir selesai mengerjakan dan sudah bersiap-siap untuk pameran. Mereka sudah berkumpul di kampus untuk mempersiapkan meja mereka masing-masing. Dan gilanya adalah saya tak datang waktu itu, saya sibuk melengkapi kekurangan TA saya. Baru pagi saya datang untuk menata tapi alhamdulillah teman saya membantu untuk berbenah stand pameran saya. Ini nih hasil karya saya

This slideshow requires JavaScript.

Pameran dilaksanakan selama 3 hari, ngerasa minder sih sebenernya soalnya temen-temen saya lebih bagus. Tapi saya sudah melakukan yang terbaik juga sih walaupun kurang memuaskan hasilnya. Beberapa hari kemudian sidang TA kenaikan semester dilakukan. Dan yang terjadi ada beberapa dari media promosi saya, direvisi total alias saya harus bikin ulang lagi benar-benar muter otak lagi buat revisinya tapi untungnya selesai. Seneng banget punya dosen yang bisa menjadi teman jadi lebih mudah untuk membuat revisi hehe. Laporan dikumpulkan dalam bentuk hard copy dan di jilid hard cover lumayan menguras isi dompet lumayan mahal jilidnya. Tugas TA selesai tinggal menunggu hasil IP saja.

Ada lagi lho ceritanya nantikan ceritanya di post berikutnya iah, tetep tungguin jangan bosen iah bacanya. Ada beberapa makna yang tersirat yang saya sampaikan disetiap post.Thankyu sudah mengikuti Cerita Tentang Kuliahku .

 

 

 

One thought on “Cerita Tentang Kuliahku Bagian 3

  1. Pingback: Cerita Tentang Kuliahku Bagian 4 « Raiza Rara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s