Jadilah Designer yang Cerdas


Hmm ngomongin masalah designer, topik yang cukup berat juga yah. Kali ini saya akan membahas tentang designer. Menurut saya semua orang bisa jadi designer tapi menjadi designer yang cerdas belum tentu semua orang bisa. Banyak sekali orang yang menyukai design, mulai dari design interior, design produk, design bangunan, dan design lainnya.  Ngomongin masalah design sebenernya banyak sekali hal yang bisa diangkat karena design penuh dengan hal-hal yang menyenangkan. Hampir semua membutuhkan design, apapun design yang digunakan dan ditampilkan mempunyai tujuan yang hampir semua sama yaitu memperindah sesuatu. Sesuatu itu bisa berupa barang, foto dan lain sebagainya.

Mengapa seorang designer harus cerdas? menurut saya setiap designer harus cerdas, karena design merupakan kumpulan dari beberapa unsur yang di kombinasi menjadi satu karya yang lebih indah dan lebih bagus. Banyak orang yang mengaku tahu design, ngerti design, paham design dan soktau tentang design, tapi disaat mereka ditantang untuk membuat design yang bagus dalam artian makna dalam design tercapai merekapun tak bisa.  sebenarnya design hal yang cukup sulit karena seorang designer harus benar-benar memikirkan arti dibalik design yang sedang mereka buat, karena dalam sebuah design mengandung sebuah makna yang harus ditampilkan. Unsur-unsur dalam sebuah design juga sangat berperan penting dalam terciptanya sebuah design yang luar biasa. Saya ambil contoh unsur warna, di jaman yang serba canggih sekarang banyak sekali situs yang berhubungan dengan warna. Situs-situs tentang warna tersebut menurut saya sangat membantu para designer untuk menentukan warna yang sesuai untuk design mereka. Dalam sebuah design warna benar-benar berperan penting karena warna dapat mewakili makna yang tersirat dalam suatu design.

Saya pun pernah sekolah di sebuah lembaga pendidikan dan kebetulan saya mengambil jurusan design grafis. Dari pelajaran-pelajaran yang saya dapat saya bisa menyimpulkan kalau seorang designer harus benar-benar cerdas dan tidak asal-asalan dalam membuat sebuah design. Maka dari itu saya berlatih dan berlatih untuk menjadi designer yang cerdas. Seorang designer yang cerdas selalu ingin tahu perkembangan-perkembangan terbaru tentang design entah gaya ataupun model.

Maka dari itu saya bilang kalau menjadi seorang designer itu gampang tapi menjadi seorang designer yang cerdas itu tidaklah gampang. Untuk menjadi seorang designer yang cerdas, hal yang bisa dilakukan adalah banyak-banyak berlatih membuat design, terserah mau design seperti apapun asal harus bisa mengkombinasikan beberapa unsur yang penting dalam design untuk menjadi sebuah karya yang luar biasa. Bukan hanya sebuah hasil karya yang dituntut harus bagus tapi makna yang terkandung dalam sebuah design itu harus bisa tersampaikan. Lebih banyak belajar bisa membuat kita menjadi lebih cerdas begitupun seorang designer jadilah designer yang benar-benar cerdas bukan designer yang asal-asalan. 

Bye

Leave a Reply

